Rabu, 06 Agustus 2014

TIPS MERAWAT MOBIL BAGI PARA PEMULA

Oke temen temen, dalam postingan kali ini aku akan bagi bagi sedikit tips bagi para pemulaq yaitu tips merawat mobil.
Merawat mobil itu sangat penting bagi pengguna pengguna mobil, apalagi bagi para pemula pemula yang belum begitu mendalami tentang mesin mobil yang dipunyainya. Karena dengan perawatan mobil yang baik dan teratur, itu bisa meminimalisir kerusakan pada mobil
Sebelum kita merawat mobil, terlebih dahulu kita mengenali kokmponen komponen pada mobil yang bisa mudah dirawat. Diantaranya         :
-          Aki mobil
-          Radiator
-         Ban mobil
-         Wiper
-          Cat mobil
-          Kabin mobil
-          Kaca
-          Jok mobil
-          Lampu mobil

Perawatan AKI mobil
Aki mobil sangat perlu dirawat karena komponen ini adalah salah satu komponen yang sangat penting supaya mobil mudah untuk dioperasikan. Berikut adalah yang perlu diperhatikan saat merawat aki mobil
-          Ketinggian air aki jangan sampai kurang, kalau kurang harus segera ditambah lagi supaya bisa berjalan normal, ukuran ketinggian seharusnya berada diatas garis paling bawah
-          Pastikan tegangan aki adalah 12 volt
-          Kutub kutub pada aki harus selalu dibersihkan

Perawatan Radiator
Usahakan agar air pada radiator mobil selalu dalam keadaan penuh karena radiator pada mobil sangat berguna untuk mendinginkan mesin mobil.

Perawatan Ban Mobil
Merawat ban mobil juga sangat penting karena ban merupakan salah satu komponen dasar pada mobil. Ban juga komponen utama dalam menjaga  keseimbangan mobil agar tetap berjalan tanpa oleng.
Merawat  ban mobil diantaranya :
-          Pastikan beban yang dibawa mobil tidak melebihi kemampuan ban membawa beban dalam mobil.
-          Pastikan umur ban tidak terlalu tua supaya bila digunakan dalam perjalanan jauh ban mobil mampu mengimbangi kekuatan kemudi mobil
-          Pastikan tekanan angin pada mobil seimbang dengan mobil.
-          Jangan lupa selalu bersihkan ban mobil secara berkala, jika diperukan kita bisa menambah nya dengan menyemir ban supaya lebih terliaht bagus.

Perawatan wiper mobil
Usahakan selalu mengganti karet wiper secara berkala yaitu setiap 6 bulan sekali, terutama pada musim hujan, karena karet wiper semakin lama kadar elastisitasnya juga akan berkurang. Dan kalau sudah tak elastis bisa menyebabkan kerusakan pada kaca mopbil.

Perawatan Cat mobil
Usahakan untuk memarkir mobil ditempat yang teduh, yang tidak langsung terkena sinar matahari karena sengatan matahari secara langsung dalam waktu lama akan membuat umur cat lebih pendek atau warna cat akan mudah luntur

Perawatan Kabin mobil
biasakan membersihkan kabin mobil setiap kali habis digunakan karena biasanya pada kabin kabin mobil, akan terdapat banyak kotoran menempel, missal debu bekas alas sandal pada kabin bagian lantai mobil, atau keringat yang menempel pada jok sadaran mobil, atau bau bau tak sedap yang memnuhi ruangan mobil,. Jika ingin meggunakan parfum dalam mobil sebaiknya menggunakan parfum alami karena itu tidak mengandung bahan bahan kimia yang membahayakan oragn dalam tubuh.

Perawatan kaca mobil
Gunakan pembersih kaca yang aman  dan benar benar bisa membersihkan kaca, jagalah selalu kaca mobil supaya tidak tergres oleh benda benda tajam, supaya tetap terkihat jernih.

Perawatan jok mobil
Usahakan agar jok pada mobil tidak tergores benda tajkam, karena itu akan sangat merugikan, serta usahakan selalu membersihkan jok mobil supayta tidak berkerak dan tidak menimbulkqan bau tak sedap dalam mobil.

Perawatan lampu mobil
Lampu berfungsi sebagai penerangan dan alat komunikasi dengan pengemudi lain, cek semua lampu mulai dari headlamp, lampu sein sampai lampu rem. Pastikan bohlam yang dipakai terang, supaya komunikasi tetap terjag aantar pengemudi. Jangan lupa selalu membersihkan lampu mobil bagian luar.
Selain komponen komponen diatas ada satu lagi yang sangat perlu diperhatikan,, yaitu mengganti oli mobil secara berkala, serta cek cek di bengkel secara berkala untuk memaksimalkan kualitas serta kesehatan mobil..
Sekian tips merawat mobil agar uumurnya lebih panjang, semoga membantu dan semoga bermanfaat.

Tanks for reading …


0 komentar:

Posting Komentar

 
;